Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Milia yang Sudah Bertahun-tahun dan Produk Skincare Ampuh

Di beberapa bagian wajah seperti hidung, bawah mata, atau di pipi terkadang muncul bintik-bintik putih seperti jerawat.

Nodul kecil berbentuk simpul ini dikenal sebagai milia. Beberapa orang sering salah mengartikannya sebagai kepala putih.

Meski pada awalnya terlihat sama, namun keduanya berbeda. Cara menghilangkan milia tidak bisa dibandingkan dengan komedo atau jerawat biasa.

Memulai Kesehatan perempuanMilia adalah kista kecil berisi keratin atau protein yang tumbuh di kulit.

Tidak seperti komedo yang mengandung sebum atau minyak alami kulit dan bakteri, milia seringkali sulit karena mengandung protein.

Penyebab milia disebabkan oleh akumulasi sel-sel kulit mati, yang digabungkan dengan sebum, untuk membentuk keratin.

Masalah kulit ini, tidak seperti jerawat, menyebabkan beberapa bagian kulit menjadi merah atau bengkak.

Milia mayoritas dengan bayi baru lahir. Namun, anak-anak pada orang dewasa juga bisa terkena milia.

Dilaporkan dari Garis kesehatanMilia pada bayi baru lahir sering membaik dengan sendirinya tanpa bantuan obat-obatan atau perawatan khusus.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Penyakit Mata Menurut Dokter Kulit

Dan untuk orang dewasa, proses menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif membutuhkan perhatian khusus. Berikut beberapa langkahnya:

1. Hindari meremas, meremas atau menggosok otot

Milia tentu bisa mengganggu penampilan. Namun, jangan pernah merusak, memaksa, atau mencoba menipu.

Upaya paksa untuk menghilangkan goresan ini dapat menyebabkan pembekuan darah, bopeng, dan luka.

Melawan wajah yang penuh milia juga cenderung membawa kuman penyebab infeksi.

2. Gunakan sabun yang lembut untuk membersihkan wajah

PerbandinganThinkstockphotos Perbandingan

Proses penghilangan millet membutuhkan dukungan teknik pembersihan wajah secara teratur.

Pastikan untuk mencuci muka dengan sabun non-parabola yang lembut setiap hari.

Beberapa sabun yang “keras” atau mengandung bahan kimia tingkat tinggi dapat menghilangkan kelembapan alami kulit.

Setelah dicuci, keringkan wajah Anda dengan lembut dengan menggosokkan handuk pada kulit Anda. Membantu mencegah kulit kering atau kering setelah mencuci muka.

3. Buka pori-pori dengan uap hangat

Setelah membersihkan kulit, cobalah untuk menghilangkan iritasi yang menutupi kulit dengan membuka pori-pori wajah dengan uap hangat.

Proses menghilangkan milia dengan bahan alami bisa dilakukan dengan duduk di kamar mandi dan menyalakan pompa air panas. Segera, ruangan itu dipenuhi dengan uap hangat.

Setelah lima hingga delapan menit, kehangatan dapat dengan mudah membuka pori-pori kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati dan zat menyengat lainnya.

Kemudian, keringkan wajah dan bilas wajah dengan air hangat hingga bahan pelapisnya bersih.

4. Gunakan produk pengelupasan yang aman

PerbandinganShutterstock Perbandingan

Cara lain untuk menghilangkan jerawat mungkin dengan menggunakan produk atau bahan pengelupasan yang dapat membantu meremajakan kulit.

Seperti disebutkan sebelumnya, akumulasi sel kulit mati bisa menjadi penyebab millet.

Beberapa produk pengelupasan dapat mengangkat sel kulit mati dan mencegah produksi keratin berlebih.

Gunakan produk eksfoliasi yang aman, seperti yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, atau asam glikolat sebagai bahan aktifnya.

Satu hal yang perlu diingat, masker wajah sebaiknya tidak digunakan terlalu sering. Hanya seminggu sekali.

Selain itu, perhatikan kondisi kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Hentikan penggunaan produk eksfoliasi jika muncul gejala iritasi, seperti ruam atau kemerahan pada kulit.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Mata Berjerawat dengan Makan Yang Baik

5. Gunakan krim retinoid

PerbandinganShutterstock Perbandingan

Beberapa ahli merekomendasikan kosmetik retinoid untuk menghilangkan milia. Krim retinoid mengandung vitamin A. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Gunakan krim retinoid atau retinol sekali sehari. Oleskan krim saat wajah bersih dan kering.

Saat menggunakan retinoid atau retinol, pastikan untuk menggunakan tabir surya saat Anda berada di luar ruangan di siang hari.

Pasalnya, retinoid membuat kulit lebih lembut atau lebih rentan terbakar sinar matahari.

Pilih tabir surya yang nyaman dan sesuai dengan kondisi kulit.

Tabir surya umumnya mengandung senyawa berbasis mineral, bukan minyak yang dapat menutup pori-pori kulit.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam Dengan Cepat

6. Lakukan perawatan ekstraksi manual

Jika berbagai cara menghilangkan milia secara alami atau dengan obat-obatan di atas telah dicoba selama beberapa bulan dan belum berhasil, sekarang saatnya untuk menerapkan teknik kerajinan tangan pada spesialis.

Prosedur menghilangkan milia secara cepat dan tepat dilakukan oleh dokter kulit.

Proses pembuangan manual dilakukan dengan membuat lubang kecil di kulit yang diisi dengan millet.

Dari lubang kecil, penyebab milia akan didorong keluar oleh alat yang disebut ekstraktor.

Meski awalnya terdengar menakutkan, perawatan ini tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak memerlukan anestesi.

Satu hal yang perlu diperhatikan, jangan coba-coba menarik pelatuknya sendiri. Karena cenderung menimbulkan jaringan parut yang sulit dihilangkan.

Produk skincare menghilangkan milia

 Ada banyak jenis produk perawatan kulit untuk menghilangkan jerawat. Tapi, cari tahu dulu milia apa yang ada di area wajah? Milia adalah benjolan kecil, putih, halus yang sering muncul di wajah, seperti mata, hidung, dan pipi.

Munculnya milia karena keratin atau protein di kulit terperangkap di bawah kulit sehingga tidak keluar di atas. Milia bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Meski tidak disertai rasa sakit atau gatal, kemunculan milia merupakan penampilan yang sangat mengganggu. Apalagi jika para tentara terlihat sedang berkumpul di beberapa bagian wajah, tentu akan membuat para penghuninya merasa tidak nyaman.

Bagi yang memiliki kulit susu, Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk mengatasinya. Juga perawatan dengan dokter kulit dan penggunaan kulit yang mengandung retinol atau vitamin A.

Kenya…

Lalu apa saja produk skincare yang bisa membantu menghilangkan milia? Bergantung kepada brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/2).

1. Pemurnian Minyak Dengan DHC

perawatan kulit menghilangkan milia ©

gambar: Shopee / editbysociolla.official

Saran perawatan kulit pertama untuk menghilangkan milia adalah DHC Deep Cleaning Oil. Pembersih wajah ini terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat mengangkat sel kulit mati, menghilangkan riasan, debu, dan kotoran pada wajah. Produk-produk ini juga dapat membantu menyerap perawatan kulit yang lebih baik. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp. 145 ribu.

2. Cosrx Gel Pembersih Selamat Pagi pH Rendah

perawatan kulit menghilangkan milia ©

Foto: Toko Resmi Shopee / Cosrx Indonesia

Pembersih gel ini memiliki banyak bahan efektif yang dapat mengangkat banyak KB di wajah. Ini memiliki pH rendah yang cocok untuk jenis kulit kering dan ringan. Selain itu, produk wajah juga mampu melembabkan wajah. Produk ini dijual dengan harga Rp. 149 ribu

3. SomeThinc AHA BHA PHA Peeling Solution

perawatan kulit menghilangkan milia ©

Foto: Shopee / Toko Resmi Sesuatu

Produk ini merupakan serum sekaligus exfoliant yang mengandung AHA, BHA, BHA, niacinamide, ekstrak daun daucus carota, serta vitamin B5 dan ekstrak hibiscus sabdariffa yang dapat mengangkat sel kulit mati, menyembunyikan bekas jerawat, membantu mencerahkan wajah, membantu . pori-pori bersih. ., dan untuk menjaga kelembapan kulit. Harga serum ini adalah 115.500.

4. SomeThinc Game Changer Eye Gel

perawatan kulit menghilangkan milia ©

foto: Toko Resmi Shopee / SomeThinc

Produk ini mengandung 3 jenis peptida, kafein, lidah buaya, asam hialuronat, ekstrak daun cynara scolymus, dan ekstrak poria cocos dengan manfaat mengurangi kantung mata, garis halus dan kerutan, mencerahkan lingkaran hitam, iritasi kulit, menghaluskan mata. . lokasi, dan untuk mencegah gundukan. kerusakan kulit akibat radikal bebas. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp. 150 ribu.

5. Bar Pembersih Cerave

perawatan kulit menghilangkan milia ©

foto: Toko Resmi Shopee / Cerave

Pembersih wajah ini dapat melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Bahan-bahan dalam Cerave Cleanser Bar ini mengandung asam salisilat dan tiga ceramide esensial yang mengangkat kulit kepala, memperkuat penghalang kulit, mengatur minyak berlebih, dan membantu mengencangkan pori-pori. Harga produk ini adalah Rp. 105 ribu.

6. Lulur Neem Pembersih Herbal Himalaya

perawatan kulit menghilangkan milia ©

foto: Shopee / Himalayan Official Shop

Salah satu produk pengelupasan yang paling populer adalah Himalayan Herbals Purifying Neem Scrub. Selain mengangkat sel kulit mati pada wajah, obat ini juga mampu menghilangkan milia pada wajah karena memiliki sifat antibakteri. Daun mimba sebagai bahan utama dalam produk ini mampu membersihkan, menenangkan dan melindungi kulit dari radikal bebas. Produk ini dibandrol dengan harga Rp. 40 ribu.

7. St. Ives Blemish Control Apricot Scrub

perawatan kulit menghilangkan milia ©

Foto: Toko Resmi Shopee / Unilever Indonesia

Produk St Ives Blemish Control Apricot Scrub mengandung asam salisilat 2% sehingga dapat dengan mudah membersihkan lubang dan mencegah terbentuknya retakan.

Ada juga paraben yang teruji secara dermatologis untuk membuat kulit halus, bercahaya, serta mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit wajah. Anda hanya perlu membayar Rp. 64 ribu untuk mendapatkan produk ini.

8. Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion

perawatan kulit menghilangkan milia ©

Foto: Toko Resmi Shopee / Rohto

Tamagohada Mild Peeling Lotion adalah produk eksfoliasi yang terbukti dalam bentuk lotion. Produk yang mengandung asam glukonat di dalamnya bisa membuat kulit lembut dan kenyal. Selain itu, penggunaan produk ini secara teratur dapat membantu mengecilkan pori-pori, mengurangi kerutan, mencerahkan wajah, dan membantu menjaga kulit tetap kencang. Harga produk ini adalah Rp 46.400.

9. Cosrx AHA / BHA Clarifying Toner

perawatan kulit menghilangkan milia ©

Foto: Toko Resmi Shopee / Cosrx Indonesia

Saran perawatan kulit untuk menghilangkan millet akhir adalah AHA / BHA Clarifying Treatment Toner dari Cosrx. Zat aktif seperti kulit batang berbahan dasar air, pyrus malus (apel), sodium laktat, asam glikolat, betaine salicylic, allantoin, dan panthenol, dapat membuat kulit halus, kencang dan membantu meremajakan kulit. . Toner ini dibandrol dengan harga Rp. 200 ribu.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Milia yang Sudah Bertahun-tahun dan Produk Skincare Ampuh"